Rabu, 03 Maret 2010

Cara Menggunakan Rumus di Excel

Excel formula adalah salah satu dari banyak fitur menghemat waktu dalam program perangkat lunak. Formulas help to automate the calculations that a user specifies and, once created, they can be used as many times as needed. Rumus membantu untuk mengotomatisasi perhitungan bahwa seorang pengguna menentukan dan, sekali diciptakan, mereka dapat digunakan sebagai sebanyak yang diperlukan. One of the most important features of an Excel formula is its ability to remain the same when the value of one of its components changes and adjust the results of its calculation to reflect the new value. Salah satu fitur yang paling penting dari rumus Excel adalah kemampuannya untuk tetap sama ketika nilai satu dari komponen perubahan dan menyesuaikan hasil perhitungannya untuk mencerminkan nilai baru.

Petunjuk

Langkah 1 : Pelajari bagaimana menulis rumus di Excel. Unlike the method used in writing regular mathematical formulas, the Excel formula begins with an equal sign. Tidak seperti metode yang digunakan dalam menulis rumus matematika biasa, Excel formula dimulai dengan tanda sama dengan. Instead of "5 + 3 =", the Excel formula is written as "= 5 + 3". Daripada "5 + 3 =", rumus Excel ditulis sebagai "= 5 + 3".

Langkah 2 : Gunakan referensi sel saat menulis rumus di Excel. The cell reference is the address of the cell containing the data you want to calculate. Referensi sel adalah alamat sel yang berisi data yang ingin Anda menghitung. For instance, to add 5 and 3, which are in cells A1 and B1 respectively, you would write "= A1 + B1". Sebagai contoh, untuk menambahkan 5 dan 3, yang berada di sel A1 dan B1 secara berturut-turut, Anda akan menulis "= A1 + B1".

Langkah 3 : Gunakan operator di formula matematika. The signs used for the common mathematical operations in Excel are the plus sign for addition (+), the minus sign (-) for subtraction, the asterisk (*) for multiplication, the forward slash (/) for division and the caret (^) for exponentiation. Tanda-tanda umum yang digunakan untuk operasi matematika di Excel adalah untuk penambahan tanda tambah (+), tanda minus (-) untuk pengurangan, tanda bintang (*) untuk perkalian, garis miring (/) untuk divisi dan tanda sisipan (^ ) untuk exponentiation.

Langkah 4 : Gunakan BEDMAS untuk mengatur formula jika Anda berencana untuk menggunakan lebih dari satu operator matematika. BEDMAS represents: Brackets, Exponentials, Division, Multiplication, Addition and Subtraction. BEDMAS mewakili: kurung, eksponensial, Divisi, Perkalian, Tambahan dan Pengurangan. Excel performs calculations in this order when there is more than one operator present. Excel melakukan perhitungan dalam urutan ini ketika ada lebih dari satu operator saat ini.

Tips & Peringatan

  • Klik sel yang berisi hasil penghitungan untuk melihat formula yang digunakan. The formula will appear in the formula bar above the column heading. Rumus akan muncul dalam formula bar di atas judul kolom.
  • Gunakan referensi sel, bukannya data yang terdapat di dalam sel, ketika membuat formula. This ensures that the result of the calculation will change automatically when the data contained in the relevant cells changes. Hal ini memastikan bahwa hasil dari penghitungan ini akan berubah secara otomatis bila data yang terdapat dalam sel-sel yang relevan perubahan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar